Friday, September 22, 2017

CONTOH SKRIPSI BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM (BKI) FAKULTAS DAKWAH& KOMUNIKASI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) MATARAM MATARAM



PENERAPAN LAYANAN KONSELING PADA SISWA YANG MELANGGAR TATA TERTIB SEKOLAH DI MADRASAH ALIYAH DARUL AITAM JEROWARU




SKRIPSI

Oleh :
DORI SATRIAWAN
153-134-134






BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM (BKI)
FAKULTAS  DAKWAH& KOMUNIKASI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) MATARAM
MATARAM
2017
PENERAPAN LAYANAN KONSELING PADA SISWA YANG MELANGGAR TATA TERTIB SEKOLAH DI MADRASAH ALIYAH DARUL AITAM JEROWARU

Skripsi
Diajukankepada
Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram
UntukMelengkapiPersyaratanMencapaiGelarSarjanaSosial



SKRIPSI
Oleh :
DORI SATRIAWAN
153-134-134


JURUSAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM (BKI)
FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI
UNIVERSITASI ISLAM NEGERI (UIN) MATARAM
MATARAM
2017
PERSETUJUAN PEMBIMBING
Skripsioleh: DoriSatriawan, NIM: 153.134.134 yang berjudul “PenerapanLayananKonselingPadaSiswa Yang Melanggar Tata TertibSekolah di MA DarulAitamJerowaru” telahmemenuhisyaratdandisetujuiuntuk di-munaqasyah-kan.


Disetujuipadatanggal,      Mei 2017 .

Di bawahbimbingan:





Pembimbing I




Dr. Ahyar, M. Pd
NIP: 197112312006041155

Pembimbing II




Muhammad Awwad, M. Pd. I
NIP: 


NOTA DINAS
                                                            Mataram,        2017

Hal :    UjianSkripsi
Yang Terhormat
Rektor UIN Mataram
diMataram
Assalamu’alaikumWr. Wb.
Disampaikandenganhormat, setelahmelakukanbimbingan, arahan, dankoreksimaka kami berpendapatbahwaskripsisaudara:     
Nama               : DoriSatriawan
NIM                : 153-134-134
Jurusan            : BimbingandanKonseling Islam
Fakuktas          : DakwahdanKomunikasi
Judul               : PenerapanLayananKonselingPadaSiswa Yang MelanggarTata TertibSekolah di MA DarulAitamJerowaru
TelahmemenuhisyaratuntukdiajukandalamsidangmunaqasyahskripsiFakultasDakwahdanKomunkasi UIN Mataram.Olehkarenaitu, kami berharap agar skripsiinidapat di munaqasyahkan.
Wassalamu’alaikumWr.Wb.

Pembimbing I


Dr. Ahyar, M. Pd
NIP: 197112312006041155

Pembimbing II


Muhammad Awwad, M. Pd. I
NIP: 

PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI

Yang bertandatangan di bawahini:
Nama                           : DoriSatriawan
NIM                            : 153.134.134
Program Studi :  Bimbingan Dan Konseling Islam
Fakultas                       : DakwahdanKomunikasi
Menyatakanbahwaskripsidenganjudul: “PenerapanLayananKonselingPadaSiswa Yang Melanggar Tata TertibSekolah di MA DarulAitamJerowaru” inisecarakeseluruhanadalahhasilpenelitian/karyasayasendiri, kecualipadabagian – bagian  yangdirujuksumbernya.Jikasayaterbuktimelakukanplagiat/karya orang lain, siapmenerimasanksi yang telahditentukanolehlembaga.


Mataram,        Mei 2017
Saya yang menyatakan





DORI SATRIAWAN
NIM. 153 134 134




PENGESAHAN
Skripsioleh: DoriSatriawan, NIM: 153.134.134, denganjudul: “PenerapanLayananKonselingPadaSiswa Yang Melanggar Tata TertibSekolah di MA DarulAitamJerowaru”, telahdipertahankan di depandewanpengujijurusanBimbinganKonseling Islam FakultasDakwahdanKomunikasi UIN Mataram.
DewanPenguji
1.    KetuaSidang /        : Dr. Ahyar, M.Pd                               (                             )
Pembimbing I        
2.    SekretarisSidang /  : Muhammad Awwad, M.Pd.I                       (                             )
Pembimbing II      
3.    Penguji I                 :                                                           (                       )

4.    Penguji II               :                                                           (                             )



Mengetahui,
DekanFakultasDakwah Dan Komunikasi
UIN Mataram




Dr. FAIZAH, MA
NIP.197307161999032003



MOTTO










“Allah akanmeninggikanderajat orang-orang yang beriman di antaramudan orang-orang yang diberiilmupengetahuanbeberapaderajat”
(Q.S : Al-Mujadalah, 58 Ayat 11, 660 M).[1]










PERSEMBAHAN
1.    Kedua orang tuatercintaAyahandaMundradanibundaNikmah yang tiadaputusnyamemberikando’adanmotivasinyauntukmenjadikankusebagaianak yang sukses. Terimakasihatasperjuangan kalian selamaini yang tidakpernahkenal kata lelah.
2.    Teman-temanangkatan 2013Kelas D yang sudahmemberikandukungandanbantuan, kalian adalahteman-temanterbaik.
3.    Almamaterkutercinta UIN Mataram.

















KATA PENGANTAR
Alhamdulillah, segalaPuji hanyabagi Allah SWT, TuhansemestaalamdanshalawatsertasalamsemogaselalutercurahkankepadaNabi Muhammad SAW, jugakepadakeluarga, sahabat, dansemuapengikutnya. Amin.
Penulismenyadaribahwa proses menyelesaikanskripsiinitidakakansuksestanpabantuandanketerlibatanberbagaipihak. Olehkarenaitu, penulismemberikanpenghargaanstinggi-setingginyadanucapanterimakasihkepadapihak-pihak yang telahmembantu, yaitumerekaantara lain adalah:
1.      Dr. H. Mutawali, M.Ag. selakuRektor UIN Mataram yang telahmemberitempatbagipenulisuntukmenuntutilmudanmemberibimbingandanperingatanuntuktidakberlama-lama di kampustanpapernahselesai.
2.      Dr.Hj.Faizah, M.A.selakudekanFakultasDakwah Dan Komunikasi.
3.      Dr.Ahyar, M.Pd. Selakupembimbing I yang telahmemberikanpetunjukdanbimbingankepadapeneliti.
4.      Muhammad Awwad, M.Pd.I. Selakudosen pembimbing II yang telahmeluangkanbanyakwaktuuntukmembimbingdanmemberikanmasukankepadapeneliti.
5.      Bapak/Ibu Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Mataram yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada peneliti sehingga bisa menyelesaikan skripsi ini.
6.      Bapak/Ibu staf akademik Fakultas Dakwah dan Komunikasi yang telah memberikan pelayanan terbaik.
7.      Kepada kedua orang tuakutercinta yang telah memberikan bimbingan dan motivasi baik dalam bentuk moril maupun materi.
8.      Semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan skripsi ini.
Semogaamalkebaikandariberbagaipihaktersebutmendapatpahala yang berlipat-gandadari Allah swt.dansemogakaryailmiahinibermanfaatbagisemesta. Amin.

Mataram,    Agustus, 2017
Penulis,


DoriSatriawan







PenerapanLayananKonselingPadaSiswa Yang Melanggar Tata TertibSekolah di MA DarulAitamJerowaru
Oleh:
DORI SATRIAWAN
NIM. 153 134 134

ABSTRAK
Latarbelakangmasalahdaripenelitianiniadalahadanyapelanggarantatatertib yang dilakukanolehsiswa di sekolah MA DarulAitamJerowaru, di sisilain, layananbimbingandankonseling di sekolah di percayakankepada guru BK untukmembantudanmembimbingsiswauntuklebihbaiklagidanmencegahsiswamelakukanpelanggaranlagi.Penelitianini di fokuskankajianterhadappenerapanlayanankonselingpadasiswa yang melanggartatatertibsekolah.Sedangkantujuan yang ingindicapaidalampenelitianiniadalahuntukmengetahuiPenerapanLayananKonselingPadaSiswa Yang Melanggar Tata TertibSekolah di MA DarulAitamJerowaru.Metodepenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahpenelitiankualitatifdeskriptif.Adapunmetodepengumpulan data yang dilakukanadalahmetodeobservasi, metodewawancaradanmetodedokumentasi. Di dalammetode yang digunakantersebut yang dicariadalahapabentuk-bentukpelanggarantatatertib yang dilakukanolehsiswa di MA DarulAitamJerowarudanbagaimanapenerapanlayananbimbingankonselingpadasiswa yang melanggartatatertibsekolah di MA DarulAitamJerowaru.
Hasilpenelitianiniadalahbahwasetelahmendapatkankonselingdari guru BK, siswatidaklagimengulangipelanggarantatatertibsekolah, baikitupelanggaranringan, sedang, maupunberat.Adapunhasildaribimbingandankonseling yang di terapkanoleh guru BK adalahsiswamenjadilebihbaikdalammentaatiperaturantatatertibsekolah.Layanan yang digunakanoleh guru BK adalahlayanankonselingindividu, konselingkelompok, danlayananinformasi.diharapkandalammelakukanpenerapanlayananbimbingandankonselingoleh guru BK, siswadapatmentaatiperaturansekolah yang ditetapkanolehsekolahdengantidakterpaksasertadenganpenuhkesadarandiri.
Kata Kunci: LayananKonseling, Bentuk-bentukPelanggaran, Penerapan BK




[1]Q.S, Al-Mujadalah, ayat : 11









DAFTAR ISI
SAMPUL DEPAN………………………………………………………………    i
HALAMAN JUDUL……………………………………………………………    ii
HALAMAN PERSETUJUAN…………………………………………………    iii
HALAMAN NOTA DINAS……………………………………………………    iv
PERNYATAAN KEASLIAN…………………………………………………     v
HALAMAN PENGESAHAN…………………………………………………     vi
HALAMAN MOTO……………………………………………………………     vii
HALAMAN PERSEMBAHAN………………………………………………      viii
KATA PENGANTAR………………………………………………………..       ix
DAFTAR ISI…………………………………………………………………..       x
ABSTRAK……………………………………………………………………..      xi
BAB I PENDAHULUAN…………………………………………………….       1
A.    LatarBelakang………………………………………………..........         1
B.     RumusanMasalah……………………………………………….....         5
C.     TujuanPenelitian…………………………………………………..         5
D.    ManfaatPenelitian………………………………………………....         6
E.     KajianPustaka……………………………………………………..         7
F.      KajianTeori………………………………………………………..         8
G.    MetodePenelitian………………………………………………….         24
1.      PendekatanPenelitian………………………………………….         24
2.      KehadiranPeneliti………………………………………………       25
3.      LokasiPenelitian………………………………………………..        26
4.      SumberdanJenis Data………………………………………….        26
5.      TeknikPengumpulan Data………………………………………       28
6.      TeknikAnalisis Data……………………………………………        30
7.      Validitas Data…………………………………………………...      32
BAB II PAPARAN DATA DAN HASIL PENELITIAN……………………    34
A.    GambaranTentangLokasiPenelitian……………………………………        34
1.      SejarahdanLetakGeografis MA DA Jerowaru…………………….        34
2.      VisidanMisi MA DA Jerowaru…………………………………….        35
a)      Visi………………………………………………………………      35
b)      Misi……………………………………………………………...      35
3.      StrukturOrganisasi MA DA Jerowaru……………………………...       35
4.      Tata Tertib MA DarulAitamJerowaru……………………………..         37
B.     BentukPelanggaran Tata Tertib Yang DilakukanSiswa
di MA DarulAitamJerowaru………………………………………......         39
C.     PenerapanLayananKonselingPadaSiswa
Yang Melanggar Tata TertibSekolah………………………………….         44
BAB III PEMBAHASAN……………………………………………………..      47
A.    BentukPelanggaran Tata Tertib Yang  DilakukanSiswa
di MA DarulAitamJerowaru.………………………………………….         47
B.     PenerapanLayananKonselingPadaSiswa
Yang Melanggar Tata TertibSekolah…………………………………..        55
BAB IV PENUTUP……………………………………………………………      63
A.    Kesimpulan……………………………………………………………..       63
B.     Saran………………………………………………………………….....      64
DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………….   ...  65
LAMPIRAN



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Pendidikan merupakan komponen utama dalam menentukan tingkat kemajuan suatu bangsa. Pendidikan dapat mengarahkan kepada masa depan bangsa, baik itu baik ataupun buruk, itu ditentukan oleh pendidikan kita saat ini. Jika pendidikan saat ini teroptimalkan dan dimanfaatkan fungsinya secara baik maka kemajuan bangsa, masa depan bangsa yang cerah bukan lagi hanya sekedar impian belaka, tapi sudah menjadi kepastian yang terwujud.[1] Undang-undang sistem pendidikan nasional no. 20 tahun 2003 pasal 3 dinyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.[2]
Perkembangan zaman yang pesat dan terus menerus menawarkan perubahan, telah menuntut individu secara sadar atau tidak untuk meningkatkan kualitas hidupnya.Permasalahan demi permasalahan turut mengiringi perubahan yang terjadi disetiap sisi kehidupan.Permasalahan kehidupan sangatlah kompleks.Berawal dari permasalahan peribadi, bahkan masalah kehidupan secara luas.Hal ini memaksa individu untuk segera diselesaikan, karena secara sadar atau tidak, individu selalu berupaya untuk keluar dari masalah yang tengah dihadapinya.Beragam permasalahan yang dihadapi oleh individu sebaiknya tidak dibiarkan menumpuk di dalam pikirian. Mengabaikan masalah hingga akhirnya tidak mendapatkan penanganan yang tepat akan menimbulkan tekanan yang sangat mengganggu dan mengancam kesehatan fisik dan mental. Menurunnya tingkat kekebalan tubuh, susah tidur, pikiran kacau, mudah marah, dan efeksi negatif lainnya hanyalah contoh kecil efek samping dari masalah yang dihadapi individu.[3]
Setiap individu akan berkembang menurut polanya masing-masing dan hal ini merupakan tantangan bagi setiap konselor untuk mengenali dan memahaminya. Memahami dan mengerti individu merupakan tugas pokok seorang konselor agar dalam melaksanakan tugasnya dapat membantu individu mencapai perkembangan dirinya seoptimal mungkin.Setiap individu mempunyai berbagai aspek yang dapat mempengaruhi perkembangan dirinya, baik fisik maupun psikis. Aspek-aspek pribadi individu yang harus dikenal dan dipahami oleh konselor antara lain perkembangan individu, perbedaan individu, kebutuhan individu, penyesuaian individu, dan kepribadian individu.[4]
Pada masa anak-anak, sebelum menginjak masa remaja, sekolah merupakan tempat pendidikan yang diidealkan oleh mereka, para guru merupakan tokoh yang sangat penting dalam kehidupan mereka karena selain tokoh intelektual, guru juga merupakan tokoh otoritas bagi para peserta didiknya.Oleh karena itu, tidak jarang anak-anak lebih percaya, lebih patuh, bahkan lebih takut kepada guru dari pada kepada orang tua. Posisi guru semacam ini sangat strategis apa bila digunakan untuk pengembangan emosi anak melalui penyampaian materi-materi yang positif dan konstruktif.[5]
Kehadiran di sekolah merupakan perluasan lingkungan sosialnya dalam proses sosialisasinya dan sekaligus merupakan faktor lingkungan baru yang sangat menantang atau bahkan mencemaskan dirinya. Para guru dan teman-teman sekelas membentuk suatu sistem yang kemudian menjadi semacam lingkungan norma bagi dirinya. Selama tidak ada pertentangan, selama itu pula anak tidak akan mengalami kesulitan dalam menyesuaikan dirinya. Sebagaimana dalam lingkungan keluarga, lingkungan sekolah juga dituntut menciptakan iklim kehidupan sekolah yang kondusif bagi perkembangan sosial remaja.Sekolah merupakan salah satu lingkungan tempat remaja hidup dalam kesehariannya.Sebagaimana keluarga, sekolah juga memiliki potensi memudahkan atau menghambat perkembangan hubungan sosial remaja.Diartikan sebagai fasilitator, iklim kehidupan lingkungan sekolah yang kurang positif dapat menciptakan hambatan bagi perkembangan hubungan sosial remaja.Sebaliknya, sekolah yang iklim kehidupannya bagus dapat memperlancar atau bahkan memacu perkembangan hubungan sosial remaja.[6]Pada dasarnya setiap individu menghadapi permasalahan dalam hidupnya dalam jenis dan intensitas yang berbeda.Di antara masalah individu tersebut, beberapa masalah dapat dipecahkan sendiri tanpa intervensi konselor/guru, sedangkan masalah lainnya masih belum bisa diselesaikan sehingga mereka membutuhkan bantuan konselor. Pada umumnya masalah emosi konseli yang cara penyelesaiannya membutuhkan bantuan konseling adalah: (1) masalah kecewa, (2) masalah frustasi, (3) masalah kecemasan, (4) masalah stress, (5) masalah depresi, (6) masalah konflik, (7) masalah ketergantungan. Di antara masalah ini dapat dialami konseli secara bersamaan, misalnya di samping konseli mengalami masalah kecewa, ia juga menderita masalah frustasi, kecemasan, begitu juga masalah yang lain.[7]
Permasalahan-permasalahan yang terjadi di sekolah MA.DA Jerowaru tidak terlepas dari kenakalan siswa siswi yang sering melanggar peraturan di sekolah seperti datang terlambat, bolos sekolah, merokok di kantin, dan keluar pada saat jam pelajaran.Dalam menangani masalah tersebut, guru BK berperan aktif dalam memberikan penanganan serta pelayanan kepada siswa dan menindak lanjuti masalah yang terjadi pada sisawa yang sering melanggar tata tertib sekolah guna memberikan pelajaran dan etika yang baik, dan memberikan pandangan agar tidak sering melakukan pelangaran-pelangaran disekolah.[8]
Melihat permasalahan di atas maka peneliti tertarik meneliti bagaimana sebenarnya penerapan bimbingan konseling dilakukan oleh guru BK di sekolah Madrasah Aliya Darul Aitam Jerowaru.Untuk itu peneliti mengangkat judul “Penerapan Bimbingan dan Konseling Pada Siswa Yang Melanggar Tata Tertib Sekolah di Madrasah Aliya Darul Aitam Jerowaru”.
B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan  latar belakang diatas peneliti merumuskan masalah sebagai berikut:
1.    Apa bentuk-bentuk pelanggaran tata tertib yang dilakukan siswa di Madrasah Aliyah Darul Aitam Jerowaru?
2.    Bagaimana penerapan layanan bimbingan konseling pada siswa yang melanggar tata tertib sekolah di Madrasah Aliyah Darul Aitam Jerowaru?
C.    Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk:
1.    Untuk mengetahui bentuk-bentuk pelanggaran tata tertib siswa di Madrasah Aliyah Darul Aitam Jerowaru.
2.    Untuk mengetahui penerapan layanan bimbingan konseling pada siswa yang melanggar tata tertib sekolah di Madrasah Aliyah Darul Aitam Jerowaru.

D.    Manfaat Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat baik secara teoritis maupun praktis:
1.    Secara teoritis.
a.    Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih pengetahuan tentang penyelenggaraan program bimbingan dan konseling di seting pendidikan.
b.    Diharapkan hasil penelitian ini bermanfaat sebagai bahan kajian atau bahan rujukan dalam mengembangkan program bimbingan dan konseling secara komprehensif.
c.    Penelitian diharapkan dapat menjadi bahan rujukan dalam penyelenggaran bimbingan dan konseling, khususnya dalam menangani kasus siswa yang melakukan pelanggaran tata tertib di sekolah.
2.    Secara praktis
a.    Bermanfaat bagi pembaca, khususnya tenaga kependidikan guru dalam meningkatkan bimbingan dan konseling di sekolah
b.    Penelitian ini bermanfaat untuk memberikan sumbangsih pemikiran, berupa karya ilmiah kepada generasi berikutnya (mahasiswa) yang akan meneliti kasus yang sama seperti penelitian ini.
c.    Hasil penelitian ini diharapkan bisa berguna untuk mengetahui penerapan bimbingan dan konseling di sekolah.

E.     Kajian Pustaka
Kajian pustaka adalah penelusuran terhadap karya-karya terdahulu yang ada hubungannya dengan konteks penelitian, kajian pustaka bertujuan untuk menghindari, plagiasi, duplikasi, menjamin keabsahan penelitian yang dilakukan. Adapun yang relevan dengan objek penelitian antara lain:
1.    Rabiatu Adawiyah, dengan judul Peran Bimbingan dan Konseling Dalam Usaha Penanggulangan Tata Tertib di MTs N 1 Mataram tahun 2012. Permasalahan yang diangkat dalam judul ini adalah bagaimana pelaksanaan bimbingan dan konseling dalam usasha penanggulangan pelanggaran tata tertib di MTs N 1 Mataram. Peneliti menyimpulkan bahwa pelaksanaan bimbingan dan konseling dalam usaha penanggulangan pelanggaran tata tertib di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Mataram dilakukan secara rutin dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Dan faktor yang menyebabkanterjadinya pelanggaran tata tertib sekolah yaitu bersumber dari faktor kepribadian internal dan eksternal.Adapun perbedaan dan persamaan penelitian di atas adalah sama-sama meneliti tentang bimbingan dan konseling sekolah, dan perbedaannya adalah dari kata penanggulangan mencegah.
2.    Sanusi, dengan judul Peran Bimbingan dan Konseling Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS (ekonomi) Siswa MAN 1 Mataram Tahun 2002/2003. Permasalahan yang diangkat adalah bagaimana usaha-usaha bimbingan dan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kel;as II pada mata pelajaran IPS dan baagaimana pelaksanaan evaluasi bimbingan dan konseling pada mata pelajaran IPS (ekonomi). Peneliti menyimpulkan bahwa usaha yang dilakukan adalah ada dua jenis yaitu usaha bimbingan pribadi (khusus) dan bimbingan secara umum dan evaluasi pelaksanaan bimbingan dan konseling pada mata pelajaran ekonomi di MAN 1 Mataram.Adapun perbedaan dan persamaan penelitian di atas adalah penelitian ini Sama-sama meneliti tentang bimbingan dan konseling, dan perbedaannya dari kata prestasi belajar dan mencegah pelanggaran tata tertib siswa.
F.     Kajian Teori
1.    Bimbingan dan Konseling
a.    Pengertian bimbingan dan konseling
Menurut Smith, dalam McDaniel, Bimbingan adalah bantuan yang diberikan kepada individu-individu guna membantu mereka memperoleh pengetahuan dan keterampilan-keterampilan yang di perlukan dalam membuat pilihan-pilihan, rencana-rencana, dan interpretasi-interpretasi yang diperlukan untuk menyesuaikan diri yang baik.[9]
Menurut Division of Conseling Psychology, Konseling merupakan suatu proses untuk membantu individu mengatasi hambatan-hambatan perkembangan dirinya, dan untuk mencapai perkembangan optimal kemampuan pribadi yang dimilikinya, proses tersebut dapat terjadi setiap waktu.[10]
b.    Tujuan Bimbingan dan Konseling
Sejalan dengan perkembangannya konsepsi bimbingan dan konseling, maka tujuan bimbingan dan konseling pun mengalami perubahan, dari  sederhana sampai ke yang lebih komperhensif. Perkembangan itu dari waktu ke waktu dapat dilihat pada kutipan dibawah ini:
1.    Untuk membantu individu membuat pilihan-pilihan, penyesuaian-penyesuaian dan interpretasi-interpretasi dalam hubungannya dengan situasi-situasi tertentu.
2.    Untuk membantu orang-orang menjadi insan yang berguna, tidak hanya sekedar mengikuti kegiatan-kegiatan yang berguna saja.
Dengan memperhatikan butir-butir tujuan bimbingan dan konseling sebagaimana tercantum dalam rumusan-rumusan tersebut, tampak bahwa tujuan umum bimbingan dan konseling adalah untuk membantu individu memperkembangkan diri secara optimal sesuai dengan tahap perkembangan dan predisposisi yang dimilikinya.[11]


c.    Fungsi Bimbingan dan Konseling
Dalam kelangsungan perkembangan dan kehidupan manusia, berbagai pelayanan diciptakan dan diselenggarakan.Masing- masing pelayanan itu berguna dan memberikan manfaat untuk memperlancar dan memberikan dampak positif sebesar-besarnya terhadap kelangsungan perkembangan dan kehidupan itu, khususnya dalam bidang tertentu yang menjadi fokus pelayanan yang dimaksud.
Fungsi bimbingan dan konseling ditinjau dari kegunaan atau manfaat, ataupun keuntungan-keuntungan apa yang diperoleh melalui pelayanan tersebut. Fungsi-fungsi itu banyak dan dapat dikelompokkan menjadi empat fungsi pokok, yaitu: (a) fungsi pemahaman, (b) fungsi pencegahan, (c) fungsi pengentasan, (d) fungsi pemeliharaan dan (e) fungsi pengembangan.
1.    Fungsi Pemahaman
Dalam fungsi pemahaman, kegunaan, manfaat, atau keuntungan-keuntungan apakah yang diberikan oleh layanan bimbingan dan konseling?Jasa yang diberikan oleh pelayanan adalah berkenaan dengan pemahaman, yaitu klien dengan berbagai permasalahannya, dan dengan tujuan-tujuan konseling. Pemahaman yang perlu dihasilkan oleh pelayanan bimbingan dan konseling adalah pemahaman tentang diri klien beserta permasalahannya oleh klien sendiri dan oleh pihak-pihak yang akan membantu klien, serta pemahaman tentang lingkungan klien oleh klien.
2.    Fungsi Pencegahan
Ada suatu slogan yang berkembang dalam bidang kesehatan, yaitu “mencegah lebih baik daripada mengobati”.Slogan  ini relevan dengan bidang bimbingan dan konseling yang sangat mendambakan sebaiknya individu tidak mengalami suatu maslah. Apabila individu tidak mengalami proses perkembangannya dengan baik, dan kegiatan kehidupannya pun dapat terlaksana tanpa ada hambatan yang berarti. Dalam dunia kesehatan mental “pencegahan” didefinisikan sebagai upaya mempengaruhi dengan cara yang positif dan bijaksana lingkungan yang dapat menimbulkan kesulitan atau kerugian sebelum kesulitan atau kerugian itu benar-benar terjadi.
3.    Fungsi Pengentasan
Orang yang mengalami masalah itu dianggap berada dalam suatu keadaan yang tidak mengenakkan sehingga perlu diangkat atau dikeluarkan dari bendanya yang tidak mengenakkan.Ia perlu dientas dari keadaan yang tidak disukainya itu. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahn itu adalah upaya pengentasan melalui pelayanan bimbingan dan konseling.


4.    Fungsi Pemeliharaan dan Pengembangan
Fungsi pemeliharaan berarti memelihara segala sesuatu yang baik yang ada pada diri individu, baik hal itu merupakan pembawaan maupun hasil-hasil perkembangan yang telah dicapai selama ini.Pemeliharaan yang demikian itu adalah pemeliharaan yang membangun, pemeliharaan yang memperkembangkan[12].
d.   Prinsip-prinsip Bimbingan dan Konseling
Prinsip merupakan paduan hasil kajian teoritik dan telaah lapangan yang digunakan sebagai pedoman pelaksanaan sesuatu yang dimaksudkan. Dalam pelayanan bimbingan dan konseling prinsip-prinsip yang digunakannya bersumber dari kajian filosofis, hasil-hasil penelitian dan pengalaman praktis tentang hakikat manusia, perkembangan dan kehidupan manusia dalam konteks sosial budayanya, pengertian, tujuan, fungsi dan proses penyelenggaraan bimbingan dan konseling.
Van hoose (1969) mengemukakan bahwa:
1.    Bimbingan didasarkan pada keyakinan bahwa dalam diri tiap anak terkandung kebaikan-kebaikan, seperti pribadi mempunyai potensi dan pendidikan hendaklah mampu membantu anak memanfaatkan potensinya itu.
2.    Bimbingan didasarkan pada ide bahwa setiap anak adalah unik, seseorang anak berbeda dari yang lain.
3.    Bimbingan merupakan bantuan kepada anak-anak dan pemuda dalam pertumbuhan dan perkembangan mereka menjadi pribadi-pribadi yang sehat.
4.    Bimbingan merupakan usaha membantu mereka yang memerlukannya untuk mencapai apa yang menjadi idaman masyarakat dan kehidupan umumnya.
5.    Bimbingan adalah pelayanan, unik yang dilaksanakan oleh tenaga ahli dengan latiha-latihan khusus, dan untuk melaksanakan pelayanan bimbingan diperlukan minat pribadi khusus pula.
Semua butiran yang dikemukakan oleh Van Hoose itu benar, tetapi butir-butir tersebut belum merupakan prinsip-prinsip yang jelas aplikasinya dalam praktek aplikasi bimbingan dan konseling.
Bernard & Fullmer, mengemukakan bahwa rumusan prinsip-prinsip bimbingan dan konseling pada umumnya berkenaan dengan sasaran pelayanan, masalah klien, tujuan dan proses penanganan masalah, program pelayanan, penyelenggaraan pelayanan.[13]
e.    Jenis-jenis Layanan Bimbingan dan Konseling
1.      Layanan Orientasi
Layanan orientasi adalah layanan bimbingan yang dilakukan untuk memperkenalkan siswa baru dan atau seseorang terhadap lingkungan yang baru dimasukinya.
2.      Layanan Informasi
Secara umum, bersama dengan layanan orientasi bermaksud memberikan pemahaman kepada individu-individu yang berkepentingan tentang berbagai hal yang diperlukan untuk menjalani suatu tugas atau kegiatan, atau untuk membentuk arah suatu tujuan atau rencana yang dikehendaki.
3.      Layanan Penempatan dan Penyaluran
Individu sering mengalami kesulitan dalam membentuk pilihan, sehingga tidak sedikit individu yang bakat, kemampuan minat, dan hobinya tidak tersalurkan dengan baik.Individu seperti itu tidak mencapai perkembangan secara optimal.Mereka memerlukan bantuan atau bimbingan dari orang-orang dewasa, terutama konselor, dalam menyalurkan potensi dan mengembangkan dirinya.
4.      Layanan Bimbingan Belajar
Bimbingan belajar merupakan salah satu bentuk layanan bimbingan yang penting diselenggarakan di sekolah.Pengalaman menunjukkan bahwa kegagalan-kegagalan yang dialami siswa dalam belajar tidak selalu disebabkan oleh kebodohan atau rendahnya inteligensi.Sering kegagalan itu terjadi disebabkan mereka tidak mendapat layanan bimbingan yang memadai.


5.      Layanan Konseling Perorangan
Pada bagian-bagian terdahulu konseling telah banyak disebut.Pada bagian ini konseling dimaksudkan sebagai pelayanan khusus dalam hubungan langsung tatap muka antara konselor dengan klien.
6.      Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok
Apabila konseling perorangan menunjukkan layanan individu atau klien orang-perorangan, maka bimbingan dan konseling kelompok mengarahkan layanan kepada sekelompok individu.
7.      Kegiatan Penunjang
Pelaksanaan berbagai layanan bimbingan dan konseling memerlukan sejumlah kegiatan penunjang.[14]
f.     Asas-asas Bimbingan dan Konseling
Menurut Prayitno, Asas-asas yang dimaksudkan adalah asas kerahasiaan, kesukarelaan, keterbukaan, kekinian, kemandirian, kegiatan, kedinamisan, keterpaduan, kenormatifan, keahlian, alih tangan, dan tut wuri handayani.
1.      Asas Kerahasiaan
Segala sesuatu yang dibicarakan klien kepada konselor tidak boleh disampaikan kepada orang lain, atau lebih-lebih hal atau keterangan yang tidak boleh atau tidak layak diketahui oleh orang lain.

2.      Asas Kesukarelaan
Proses bimbingan dan konseling harus berlangsung atas dasar kesukarelaan, baik dari pihak si terbimbing atau klien maupun dari pihak konselor.
3.      Asas Keterbukaan
Dalam pelaksanaan bimbingan konseling sangat diperlukan suasana keterbukaan,baik keterbukaan dari konselor maupun keterbukaan dari klien. Keterbukaan ini bukan sekedar bersedia menerima saran-saran dari luar, malahan lebih dari itu untuk kepentingan pemecahan masalah.
4.      Asas Kekinian
Masalah individu yang ditanggulangi ialah masalah-masalah yang sedang dirasakan bukan masalah yang sudah lampau, dan juga bukan masalah mungkin akan dialami dimasa yang akan datang.
5.      Asas Kemandirian
Pelayanan bimbingan dan konseling bertujuan menjadikan klien dapat berdiri sendiri, tergantung pada orang lain atau tergantung pada konselor. Individu yang dibimbing setelah dibantu diharapkan dapat mandiri dengan ciri-ciri pokok mampu:
a.)    Mengenal diri sendiri dan lingkungan sebagaimana adanya.
b.)    Menerima diri sendiri dan lingkungan secara positif dan dinamis.
c.)    Mengambil keputusan untuk dan oleh diri sendiri.
d.)   Mengarahkan diri sesuai dengan keputusan itu.
e.)    Mewujudkan diri secara optimal sesuai dengan potensi, minat dan kemampuan-kemampuan yang dimlikinya.
6.      Asas Kegiatan
Usaha bimbingan dan konseling tidak akan memberikan buah yang berarti bila klien tidak melakukan sendiri kegiatan dalam mencapai tujuan bimbingan dan konseling.
7.      Asas Kedinamisan
Usaha pelayanan bimbingan dan konseling menghendaki terjadinya perubahan pada diri klien, yaitu perubahan tingkah laku ke arah yang lebih baik.
8.      Asas Keterpaduan
Pelayanan bimbingan konseling berusaha memadukan sebagai asfek kepribadian yang kalau keadaannya tidak seimbang, serasi dan terpadu justru akan menimbulkan masalah.
9.      Asas Kenormatifan
Usaha bimbingan dan konseling tidak boleh bertentangan dengan norma-norma yang berlaku, baik ditinjau dari norma agama, norma adat, norma hukum atau Negara, norma ilmu, maupun kebiasaan sehari-hari.


10.  Asas Keahlian
Usaha bimbingan perlu dilakukan asas keahlian secara teratur dan sistematik dengan menggunakan prosudur, teknik dan alat (instrument bimbingan dan konseling) yang memadai.
11.  Asas Alih Tangan
Dalam pemberian layanan bimbingan dan konseling asas alih tangan jika konselor sudah mengerahkan segenap kemampuannya untuk membantu individu, namun individu yang bersangkutan belum dapat terbantu sebagaimana yang diharapkan, maka konselor dapat mengirim individu tersebut kepada petugas atau badan yang lebih ahli.
12.  Asas Tut Wuri Handayani
Asas ini menunjukkan suasana umum yang hendaknya tercipta dalam rangka hubungan keseluruhan antara konselor dank lien.Lebih-lebih di lingkungan sekolah, asas ini makin dirasakan keperluannya dan bahkan perlu dilengkapi dengan “ing ngarso sung tulodo, ing madiya mangun karso”.[15]
g.    Teknik-teknik Bimbingan dan Konseling
1.      Bimbingan Kelompok (Group Guidance)
Teknik ini dipergunakan dalam membantu siswa dalam memecahkan masalah-masalah melalui kegiatan kelompok.Artinya masalah itu dirasakan oleh kelompok atau individu sebagai anggota kelompok.
2.      Konselimg Individual (Individual Konseling)
Konseling merupakan salah satu cara pemberian bantuan secara perorangan dan secara langsung. Pemberian bantuan dilaksanakan secara face to face relationship(hubungan lansung muka ke muka, atau hubungan empat mata), antara konselor dan anak (kasus). Biasanya masalah-masalah yang dipecahkan melalui teknik atau cara ini ialah masalah-masalah yang sifatnya pribadi[16].
2.    Pengertian Pelanggaran Tata Tertib Sekolah
a.    Pengertian Pelanggaran Tata Tertib
Istilah pelanggaran menurut kamus Umum Bahasa Indonesia, adalah perbuatan atau perkara melanggar (UU, Hukum dsb).[17]Sedangkan tata tertib adalah peraturan-peraturan yang harus dituruti.
Pelanggaran adalah perilaku menyimpang untuk melakukan tindakan menurut kehendak sendiri tanpa memperhatikan peraturan yang telah dibuat. Sedangkan pelanggaran menurut Tarmizi adalah tidak terlaksananya peraturan atau tata tertib secara konsisten akan menjadi salah satu penyebab utama terjadinya berbagai bentuk dan kenakalan yang dilakukan siswa, baik yang didalam maupun diluar sekolah.[18]
Dari definisi di atas dapat disimpulkan bahwa pelanggaran adalah tingkah laku individu atau kelompok yang berprilaku negatif yang dapat mengakibatkan orang lain rugi atas tingkah lakunya tersebut. Dan pengertian tata tertib siswa di sekolah adalah peraturan yang dibuat oleh staf sekolah untuk di patuhi di dalam sekolah guna memberikan kelancaran pendidikan.
Pada saat ini pelanggaran tata tertib sekolah oleh siswa tidak terlepas dari perilaku yang menyimpang, perlu mendapat penanganan dari guru BK agar tidak mengarah ke tindakan yang lebih berbahaya.
Adapun faktor-faktor yang menyebabkan perilaku menyimpang pada remaja antara lain:
1.      Faktor-faktor Biologis
Menurut pendekatan biologis, masalah-masalah remaja disebabkan oleh kegagalan dari fungsi-fungsi tubuhnya.Para ilmuan yang menganut pendekatan biologis biasanya berfokus pada faktor otak dan faktor genetik sebagai penyebab timbulnya masalah-masalah remaja.


2.      Faktor-faktor Psikologis
Beberapa faktor psikologis yang dianggap sebagai penyebab timbulnya masalah remaja adalah gangguan berfikir, gejolak emosional, proses belajar yang keliru, dan relasi yang bermasalah.
3.      Faktor Sosial
Masalah-masalah psikologis yang berkembang pada remaja juga muncul di sebagian besar budaya.Meskipun demikian, frekuensi dan intensitas masalah-masalah tersebut bervariasi antara budaya yang satu dengan budaya yang lain, dimana variasi ini berkaitan dengan aspek-aspek budaya seperti aspek sosial, ekonomi, teknologi, dan agama.[19]
G.    Metode Penelitian
Metode penelitian merupakan unsur yang sangat penting dalam sebuah penelitian.Adapun jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif.Penelitian deskriptif adalah data yang dikumpulkan lebih mengambil bentuk kata-kata atau gambar dari pada angka-angka.Hasil penelitian tertulis berisi kutipan-kutipan dari data untuk mengilustrasikan dan menyediakan bukti persentasi.Data tersebut mencakup transkrip wawancara, catatan lapangan, fotografi, dokumen pribadi, memo, dan rekaman-rekaman resmi lainnya.[20]


1.      Pendekatan Penelitian
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif karena penelitian kualitatif sering disebut “metode penelitian narulistik” karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamiyah (natural setting).
Menurut Bogdan dan Taylor, metodologi kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan dan deskriftif kualitatif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang diamati, menurut keduanya, pendekatan ini diarahkan pada latar dan individu secara menyeluruh (holistik).Ini berarti bahwa individu tidak boleh diisolsi atau diorganisasikan ke variable atau hipotesis, namaun perlu dipandang sebagai bagaian dari suatu keutuhan.Kemudian bisa dipahami bahwa hakikatnya penelitian kualitatif merupakan suatu kegiatan sistematis untuk menentukan teori dari kancah (lapangan), bukan untuk menguji hipotesis atau teori.[21]
2.      Kehadiran Peneliti
Tujuan utama kehadiran peneliti di lapangan adalah untuk mendapatkan data yang dibutuhkan dan kehadiran mutlak dibutuhkan.Peneliti sebagai instrument yang yang sangat penting karena peneliti sebagai pengumpul data –data atau instrumen dari objek yang diteliti secara terus menerus dan terjadwal atau terencanakan, serta menambah pengetahuan dan wawasan peneliti dalam penulisan.
3.      Lokasi Penelitian


Lokasi penelitian merupakan objek (tempat peneliti) melakukan penelitian.Peneliti mengadakan penelitian di Madrasah Aliyah Darul Aitam Jerowaru. Alasan peneliti mengadakan peneltian di lokasi ini karena peneliti ingin mengetahui secara langsung bagaimana Penerapan Bimbingan Konseling Pada Siswa Yang Melanggar Tata Tertib Sekolah di Madrasah Aliyah Darul Aitam  Jerowaru.
4.    Sumber dan Jenis Data
Dalam suatu penelitian diperlukan data-data yang akan membantu penulis untuk sampai pada suatu kesimpulan tertentu, sekaligus data tersebut akan memperkuat kesimpulan yang dibuat. Adapun yang dimaksud dengan sumber data adalah subjek dari mana data itu dapat diperoleh.Dan data yang didapatkan dari penelitian kualitatif berupa data lapangan, baik itu observasi, wawancara maupun dokumentasi dan dukungan dengan data-data kepustakaan.
Oleh karena itu, sumber data dalam penelitian ini berupa kata-kata dan tindakan orang-orang yang diamati atau di wawancara merupakan sumber data utama dicatat melalui catatan tertulis. Pada penulisan data sumber datanya adalah sebagai berikut:
a.       Data Primer
Data primer, yaitu data yang langsung diperoleh dari sumber pertama baik dari individu atau perorangan.Dalam penelitian ini yang termasuk data primer adalah data yang diperoleh secara langsung dengan pihak terkait. Data primer dalam peneliti ini diperoleh dari data-data yang didapat dari hasil wawancara dari guru BK, para siswa dan para guru-guru yang lain.
b.      Data Skunder
Data skunder, yaitu data yang dikumpulkan dari teknik dokumentasi, data yang diperoleh secara tidak langsung dengan membaca buku-buku atau literatur-literatur yang berkaitan dengan masalah yang diteliti.Sumber tertulis dapat berupa sumber buku dan majalah ilmiah, sumber dan arsip, dokumen pribadi dan dokumen resmi, serta dokumen lainnya yang dibutuhkan untuk kesempurnaan data yang diteliti dan data lain-lain yang berkenaan dengan penelitian di sekolah atau madrasah.[22]
c.       Jenis Data
Sumber data dalam penelitian diproleh melalui dua sumber, yakni lapangan dan dokumen sumber data lapangan dapat berarti seorang guru, siswa, dan sebagainya yang merupakan data primer.Sumber informasi dokumenter primer dapat berupa arsip-arsip yang berkaitan dengan masalah penelitian, misalnya Undang-Undang, peraturan keanggotaan semacam anggaran dasar dan lain sebagainya.Sumber-sumber skunder berupa buku-buku tentang subjek matter atau mata pelajaran yang dokumen-dokumen yang merupakan hasil penelitian dan hasil laporan ataupun dokumen yang terkait peneliti angkat.
5.    Teknik Pengumpulan Data
Pengumpulan data merupakan bagian yang paling penting dalam suatu penelitian yang bersifat ilmiah bahkan merupakan keharusan bagi seseorang peneliti. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam peneliti ini, maka peneliti akan menggunakan beberapa metode dalam proses pengumpulan data.
Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan metode dokumentasi.
a.    Observasi
Observasi adalah suatu studi yang di sengaja dan sistematis tentang keadaan (fenomena) dengan cara mencermati dan mencatat. Dalam pengumpulan data dalam observasi ini, peneliti mencatat apa yang di dengar dan apa yang dilihat sehingga peneliti dapat mengenal situasi dengan baik dan mengetahui Penerapan Layanan Bimbingan Konseling Pada Siswa Yang Melenggar Tata Tertib Sekolah di Madrasah Aliyah Darul Aitam  Jerowaru, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan fokus penelitian.
b.    Wawancara
Wawancara (interview) adalah proses Tanya jawab penelitian yang berlangsung secara lisan untuk dalam mana dua atau lebih bertatap muka,mendengarkan secara langsung informasi atau keterangan-keterangan. Tujuan penelitian menggunakan metode wawancara adalah sebagai tehnik penggalian data.Dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan data atau informasi yang benar-benar valid dan akurat langsung pada responden, disamping itu juga untuk menjalin hubungan yang akrab antara peneliti dengan responden.
c.    Dokumentasi
Dokumentasi, dari asal katanya dokumen, yang artinya barang-barang tertulis.Di dalam melaksanakan metode dokumentasi, peneliti menyelidiki benda-benda tertulis seperti buku-buku, majalah dan dokumen-dokumen.
Dari pengertian diatas dapat dipahami bahwa metode dokumentasi adalah suatu metode yang digunakan dalam penelitian dengan cara meneliti atau menyelidiki buku-buku dan catatan-catatan resmi di berbagai sumber yang terkait dengan fokus penelitian.[23]Melalui teknik dokumentasi ini peneliti mengumpulkan dokumen-dokumen yang diantaranya meliputi sejarah berdirinya sekolah, letak geografis, kondisi guru, keadaan sarana dan prasarana belajar dan tata tertib yang ada di sekolah.


6.    Teknik Analisis Data
Pada penelitian kualitatif, analisis data biasanya dilakukan sewaktu berada di lapangan bersamaan dengan proses pengumpulan data dan juga stelah peneliti meninggalkan lapangan. Setelah data-data dikumpulkan metode yang dipaparkan di atas, maka langkah selanjutnya adalah menganalisis data yang telah diperoleh.
Analisis data adalah proses pengorganisasian dan mengurutkan data kedalam pola, kategori dan susunan uraian dasar sehingga dapat ditemukan tema dan dapat dirumuskan hipotesis kerja seperti yang disarankan oleh data. Analisis data merupakan upaya untuk mencari dan menata secara sistematis catatan observasi, wawancara dan lain sebagainya untuk menjaga pemahaman peneliti tentang kamus yang diteliti.
7.    Kredibilitas Data
Validitas merupakan derajad ketepatan antara data yang terjadi pada obyek penelitian dengan data yang dapat dilaporkan. Data yang dapat dilaporkan akan diuji kevaliditasan data denga kredibilitas yaitu:
1.      Perpanjang Pengamatan
Dengan perpanjang pengamatan berarti peneliti kembali lagi ke lapangan melakukan pengamatan, wawancara lagi dengan sumber data yang pernah di temui maupun yang baru.


2.      Meningkatkan Ketekunan
Meningkatkan ketekunan berarti melakukan pengamatan secara lebih cermat dan berkesinambungan.
3.      Triangulasi
Triangulasi dalam pengujian kredibilitas ini diartikan sebagai pengecekan data dari berbagai sumber dengan berbagai cara dan berbagi waktu.
4.      Analisis Kasus Negatif
Kasus negatif adalah yang tidak sesuai atau berbeda dengan hasil penelitian hingga pada saat tertentu.
5.      Menggunakan Bahan Refrensi
Yang dimaksud dengan bahan refrensi disini adalah adanya pendukung untuk membuktikan data yang telah ditemukan oleh peneliti.
6.      Mengadakan Membercheck
Membercheck adalah proses pengecekan data yang diperoleh peneliti kepada pemberi data. Tujuan membercheck adalah untuk mengetahui seberapa jauh data yang diperoleh sesuai dengan apa yang diberikan oleh pemberi data.[24]



Daftar Pustaka
Anas Salhudin, Bimbingan & Konseling, (Bandung: CV Pustaka Setia, 2010), hal. 96
Andy Prastomo, Metode penelitian kualitatif dalam Persfektif Rancnagan Penelitian, (Jogjkarata: AR-Ruzz Media, 2012), hal.20
Bambang Ismaya, Bimbingan dan Konseling studi, karir dan keluarga, (Bandung: PT Refika Aditama, 2015), hal.27
Depdikbud, Kamus Umum Bahasa Indonesia, hal. 1561
Emzir.Metodologi  Penelitian Kualitatif Analisis Data, (Jakarta: Rajawali pers, 2002).
Husain Umar, Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis, (Jakarta PT.Raja Grafindo Persada:1996).
John W. Santrock, Remaja, (Jakarta: Erlangga, 2007), hal.233
Mohammad Ali & Mohammad Asrori, Psikologi Remaja, Perkembangan Peserta Didik, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2004), hal.71
Namora Lumongga Lubis, Memahami Dasar-Dasar Konseling, (Medan: Kencana Prenada Media Group, 2011), hal.1-2
Prayitno & Erman Amti, Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling, (Jakarta: PT.Rineka Cipta, 1994), hal.93
Sugiono.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2009), hal.137
Wardati & Mohammad Jauhar, Implementasi Bimbingan & Konseling di Sekolah, (Surabaya: Prestasi Pustakarya, 2011), hal.52



[1] Wardati & Mohammad Jauhar, Implementasi Bimbingan & Konseling di Sekolah,(Surabaya: Prestasi Pustakarya, 2011), hal.52
[2]Ibid, hal.129
[3] Namora Lumongga Lubis, Memahami Dasar-Dasar Konseling, (Medan: Kencana Prenada Media Group, 2011), hal.1-2
[4] Susilo Rahardjo & Gudnanto, Pemahaman  individu teknik nontes, (Kudus: Kencana Prenadamedia Group,2013), hal. 10  
[5] Mohammad Ali & Mohammad Asrori, Psikologi Remaja, Perkembangan Peserta Didik, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2004), hal.71
[6]Ibid, hal. 96
[7] Hartono & Boy Soedarmadji, Psikologi Konseling, (Surabaya: Kencana Prenada Media Group, 2012), hal.83
[8]Hasil wawancara dengan  guru BK di MA.DA Jerowaru
[9] Prayitno & Erman Amti, Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling, (Jakarta: PT.Rineka Cipta, 1994), hal.93
[10]Ibid, hal.99
[11]Ibid, hal.112
[12]Ibid, hal. 196
[13]Ibid, hal. 218
[14]Ibid, hal. 255
[15] Bambang Ismaya, Bimbingan dan Konseling studi, karir dan keluarga, (Bandung: PT Refika Aditama, 2015), hal.27
[16]Anas Salhudin, Bimbingan & Konseling, (Bandung: CV Pustaka Setia, 2010), hal. 96
[17]Depdikbud, Kamus Umum Bahasa Indonesia, hal. 1561
[18]Ibid, hal.1025
[19]John W. Santrock, Remaja, (Jakarta: Erlangga, 2007), hal.233
[20]Emzir.Metodologi  Penelitian Kualitatif Analisis Data , (Jakarta: Rajawali pers, 2002), hal. 3
[21]Andy Prastomo, Metode penelitian kualitatif dalam Persfektif Rancnagan Penelitian, (Jogjkarata: AR-Ruzz Media, 2012), hal.20
[22] Husain Umar, Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis, (Jakarta PT.Raja Grafindo Persada:1996), hal.42
[23]Sugiyono.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2009), hal.137
[24]Ibid, hal.276



Halaman Selanjitnya bisa Download di Link ini


No comments:

Post a Comment